Cara Melakukan Color Grading

Tutorial Color Grading Di Adobe Premiere

Merubah warna video untuk sebuah film adalah keharusan. Guna untuk mempercantik frame, mencocokan warna video dengan video lainnya, hue, saturation, dan lainnya yang bertujuan untuk menguatkan suasana pada video tersebut.

Warna adalah elemen fundamental dari desain dan cerita visual yang bisa menyampaikan makna.
Perbedaan warna pada sebuah film mempengaruhi nuansa dan emosi. Seperti pada film horor, warna yang diberikan akan sedikit gelap. Atau film yang bertema fun, warna yang diberikan akan terang.

Color Correction dan Color Grading adalah bagian pada film yang tidak terpisahkan. Color correction memberikan standar teknis yang konsisten dari penampilan. Tujuannya untuk mencocokkan gambar yang direkam dengan standar warna yang akurat dari subjek karena akan dilihat dari mata manusia. Color Grading  adalah proses mengubah gambar untuk tujuan estetika dan komunikatif. Bertujuan untuk menciptakan tampilan dan nuansa lebih pada tema film.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang coloring. Kalian bisa lihat artikel Preset Color Grading

Nah berikut ini saya akan memberikan tutorial color grading pada video supaya warna yang dihasilkan lebih baik dan memiliki arti tersendiri.

“Ah yang bener gan?”
“Hmm, biasa lah gan”


Disini saya menggunakan Adobe Premiere CS4. Jika kalian menggunakan versi yang berbeda, mungkin tampilannya berbeda tapi isinya sama.

Pertama, masukkan video pada sequence lalu tambahkan efek Brighness & Contrast dan RGB Curves


Jika sudah cocokkan cahaya pada video dengan mengatur Brightness & Contrast. Disini saya cuma merubah Brightness menjadi 15%.

Kemudian atur RGB curves, samakan pada gambar dibawah ini. Warna gradasi dilakukan dengan memanipulasi saluran RGB. Ini bisa sulit karena menyesuaikan satu saluran warna mempengaruhi dua lainnya.


Nah hasil video setelah pewarnaan akan seperti pada gambar dibawah ini.


Catatan
Tidak semua video memiliki pencahayaan dan warna yang sama. Jadi jika kalian melakukan coloring video dengan video yang berbeda, mungkin hasilnya akan berbeda pula. Maka solusinya kalian harus merubah pewarnaan pada RGB curvesnya.
Sumber:
https://www.gpangky.xyz/2016/12/color-grading-di-adobe-premiere.html

Comments

Popular Posts